Bab V
Manusia dan keindahan
1)
keindahan
keindahan dapat
dikatakan bagian hidup manusia .keindahan tidak dapat di pisahkan dari
kehidupan manusia .dimanapun kapan pun dan siapa saja dapat menikmati keindahan
keindahan adalah
indetik dengan kebenaran ,keindahan juga universal ,artinya tidak terikat oleh
selera perseorangan ,waktu dan tempat ,kedaeraahan atau local
§ apakah keindahan itu
keindaahn
hanya sebuah konsep,yang baru berkomunikasi setelah mempuyai bentuk ,misalnya
lukisan ,pemandangan alam ,tubuh yang molek, film ,nyanyian
menurut
the liang gie dalam bukunya “garis besar estetika “,menurut cakupannya orang
harus membedakan antara keindahan sebagai suatu kwalita abstrak dan sebagai
sebuah benda tertentu yang indah .disamping itu terdapat pula perbedaan menurut
luasnya pengertian ,yakni :
a) keindahan
dalam arti luas ialah pengrtian semula dari bahasa yunani dulu di dalamnya tercakup pula kebaikan .jadi ,pengertian
keindahan yang seluas-luasnya meliputi:
ü keindahan
seni
ü keindahan
alam
ü keindahan
moral
ü keindahan
intelektual
b) keindahan
dalam arti estetis murni menyangkut pengalaman estetis dari seseorang dalam
hubungan dengan segala sesuatu yang di serapnya .
c) keindahan
dalam arti terbatas lebih disempitkan sehingga hanya menyangkut benda-benda
yang di serapmya dengan penglihatan ,yakni berupa keindahan dari bentukk dan
warna
keindahan pada dasar nya adaalh sejumlah
kwalita pokok tertentu yang terdapat pada suatu hal .kwalita yang paling sering
disebut adalah kesatuan ,keselarasan ,kesetangkupan ,keseimbangan dan
perlawanan .ada pual yang berpendapat ,bahwa keindahan adaalh suatu kumpul
hubungan –hubungan yang selaras dalam suatu benda di antara bendaitu dengan si
pengamat
2) nilai estetik
dalam
rangka teori umum tentang nilai the liang gie menjelaskan bahwa pengertian
keindahan dianggap sebagai salah satu jenis nilai seperti hal nya nilai moral
,nilai ekonomik ,nilai pendidikan ,dan sebagainya
pengertian
estetik dalam bidang filsafat ,istilah nilai seringkali di pakai sebagai suatu
kata benda abstrak yang berrti keberhargaan atau kebaikan .dalam dictionary of
sociology and related sciences di erikan perumusan tentang value yang lebih
terinci lagi sebagai berikut :
“kemampuan
yang di percaya ada pada sesuatu benda untuk memuaskan suatu keinginan manusia
.sifat dari sesuatu benda yang menyebabkan menarik seseorang atau golongan
Tentang
nilai itu ada yang membedakan antara
nilai subyektif dan nilai objektif ,atau ada yang dibedakan nilaiperseorangan
dan nilai kemasyarakatan .tetapi penggolongan yang penting adalah nilai
ekstrinsik adalah sifat baik dari suatu benda sebagai alat atau sarana untuk
sesuatu hal lainnya .nilai intrinsic adaalh sifat baik dari benda yang
bersangkutan ,atau sebagai suatu tujuan,ataupun demi kepentingan benda itu
sendiri
3) kontemplasi dan
ekstansi
keindaahn
yang didasarkan pada selera seni didukung oleh factor kontemplasi dan ekstansi
.kontemplasi adaalh dasar dalam diri manusia yang menciptakan sesuatu yang
indah .ekstansi ialah dasar dalam diri manusia untuk menyatakan ,merasakan dan
menikmati sesuatu yang indah .
4) apa sebab manusia
menciptakan keindahan ?
keindahan pada dasarnya
adlah ilmiah.pengungkapan keindahan dalam karya seni didasari oleh motivasi
tertentu dan dengan tujuan tertentu pula .tujuannya tentu saja dilihat dari
segi nilai kehidupan manusia ,martabat manusia ,kegunaan bagi manusia secara
kodrati .berikut ini ialah alas an dan tujuan seniman menciptakan keindahan .
§ tata
nilai yang telah usang
tata
nilai semacam ini di pandang sebagai mengurangi nilai moral kehidupan
masyarakat ,sehingga tidak di katakana indah .yang indah ialah tata nilai yang
menghargai dan mengangkat martabat manusia ,misalnya wanita .
§ kemerosotan
zaman
keadaan
yang merendahkan derajad dan nilai kemanusiaan di tandai dengan merosotnya
nilai moral .kemerosotan moral dapat diketahui dari tingkah laku dan perbuatan
manusia yang bejad terutama dari segi kebutuhan seksual .
§ penderitaan
manusia
manusialah
yang membuat orang menderita sebagai akibat nafsu ingin berkuasa ,serakah
,tidak berhati-hati dan sebagainya
§ keagungan
tuhan
keagungan tuhan dapat di buktikan
melalui keindahan alam dan keteraturan alam semesta serta kejadian-kejadian
alam.keindahan alam merupakan keindahan muthlah dari tuhan .manusia hanya dapat
meniru saja keindahan ciptaan tuhan itu
Ø keindahan menurut
pandangan romantic
dalam buku an essay on man ,ems cassier
mengatakan bahwa arti keindahan tidak bisa pernah selesai diperdebatkan .dalam
endymion mengatakan bahwa sesuatu yang indah adalah keriangan selama-lamanya
,kemolekannya bertambah ,dan tidak pernah berlalu ke ketiadaan
mengenai keindahan ,Coleridge mengutip
Shakespeare dalam karyanya midsummer night sesuatu yang rendah dan tidak
mempunyai nilai ,dapat berubah dan menjadi berarti .
B.RENUNGAN
renung ialah hasil merenung .dalam
merenung untuk menciptakan seni ada beberapa teori :
·
teori
pengungkapan
seni adalah suatu pengungkapan dari
perasaan manusia .teori yang paling terkenal adalah filsuf italia benedeto
croce yang mengatakan bahwa seni adalah pengungkapan dari kesan-kesan
,expression adalah sama dengan intituition dan intuisi adalah pengetahuan
intuitif yang di peroleh melalui penghayatan tentang hal-hal yang menghasilkan
gambaran angan-angan individual
tokoh lain leo tolstoi dia mengatakan bahwa seni adalh memunculkan dalam diri
sendiri suatu perasaan yang seseorang telah mengalaminya .
·
teori
metafisik
teori ini merupakan
teori tertua yakni yang berasal dari plato yang karyanya tulisannya untuk
sebagian membahas estetik filsafati ,kosepsi keindahan dan teori seni .jadi
karya seni adalah tiruan dari suatu tiruan lain sehingga bersifat jauh dari
kebenaran atau dapat menyesatkan
dalam jaman modern teori
seni lainnya juga bercorak metafisis dikemungkakan oleh filsuf athur
Schopenhauer ,menurutnya seni adalah suatu bentuk dari paham terhadap
realita dan realita yang sejati adalah
suatu keinginan yang sementara
·
teori
psikologis
karya seni psikolog
merupakan bentuk terselubung atau diperhalus yang di wujudkan keluar dari
keinginan – keinginan itu .
menurut schiller ,asal
mula seni adalh dorogan batin untu bermain –main yang ada dalam diri seseorang
. seni merupakan semacam permainan menyeimbangkan segenap kemampuan mental manusia berubungan
dengan adanya kelebihan energy yang harus dikeluarkan .
Ø KESERASIAN
keserasian berasal dari
kata sersi dan dari rasi ,artinya cocok ,kena benar ,sesuai benar .kata cocok
,kena dan sesuai itu mengandung unsure perpanduan ,pertentangan ,ukuran dan
keseimbangan ,sebagian ahli piker menjelaskan ,bahwa keindahan pada dasarnya
adalah sejumlah kualitas /pokok tertentu yang terdapat pada suatu hal .
filsufat ingris herbet read merumuskan
defenisi ,bahwa keindahan adalah kesatuan dan hubungan –hubungan bentuk yang
terdapat di antara pencerpan –pencerapan inderawi kita .
·
teori
obyektif dan teori subyektif
pendukung teori
obyektif adalh plato yaitu ,bahwa keindahan atau cirri-ciri yang menciptakan
nilai estetik adalh sifat (kualita )yang memang telah melekat pada bentuk indah
yang bersangkutan ,terlepas dari orang yang mengamati
teori sbyektif ialah
yang memandang keindahan dalam suatu hubungan di antara suatu benda dengan alam
pikiran seseorang yamg mengamati seperti yag beruap menyukai atai menikmati
benda itu .
·
teori
perimbangan
teori perimbangan
tentang keindahan dari bangsa yunani kuno dulu di pahami pula dalm arti yang
lebih terbatas ,yakni kualitatif yang di ungkapakan dengan angka-angka .jadi
menurut teori proporsi ini keindahan terdapat dalam suatu benda yang bagian-bagianya mempuyai hubungan satu
sama lain sebagai bilangan –bilangan kecil.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar