Sabtu, 15 November 2014

Bab V
Manusia dan keindahan
1)    keindahan
keindahan dapat dikatakan bagian hidup manusia .keindahan tidak dapat di pisahkan dari kehidupan manusia .dimanapun kapan pun dan siapa saja dapat menikmati keindahan
keindahan adalah indetik dengan kebenaran ,keindahan juga universal ,artinya tidak terikat oleh selera perseorangan ,waktu dan tempat ,kedaeraahan atau local

§  apakah keindahan itu
keindaahn hanya sebuah konsep,yang baru berkomunikasi setelah mempuyai bentuk ,misalnya lukisan ,pemandangan alam ,tubuh yang molek, film ,nyanyian
menurut the liang gie dalam bukunya “garis besar estetika “,menurut cakupannya orang harus membedakan antara keindahan sebagai suatu kwalita abstrak dan sebagai sebuah benda tertentu yang indah .disamping itu terdapat pula perbedaan menurut luasnya pengertian ,yakni :
a)      keindahan dalam arti luas ialah pengrtian semula dari bahasa yunani dulu di dalamnya  tercakup pula kebaikan .jadi ,pengertian keindahan yang seluas-luasnya meliputi:
ü  keindahan seni
ü  keindahan alam
ü  keindahan moral
ü  keindahan intelektual

b)      keindahan dalam arti estetis murni menyangkut pengalaman estetis dari seseorang dalam hubungan dengan segala sesuatu yang di serapnya .
c)      keindahan dalam arti terbatas lebih disempitkan sehingga hanya menyangkut benda-benda yang di serapmya dengan penglihatan ,yakni berupa keindahan dari bentukk dan warna


keindahan pada dasar nya adaalh sejumlah kwalita pokok tertentu yang terdapat pada suatu hal .kwalita yang paling sering disebut adalah kesatuan ,keselarasan ,kesetangkupan ,keseimbangan dan perlawanan .ada pual yang berpendapat ,bahwa keindahan adaalh suatu kumpul hubungan –hubungan yang selaras dalam suatu benda di antara bendaitu dengan si pengamat

2)    nilai estetik
dalam rangka teori umum tentang nilai the liang gie menjelaskan bahwa pengertian keindahan dianggap sebagai salah satu jenis nilai seperti hal nya nilai moral ,nilai ekonomik ,nilai pendidikan ,dan sebagainya
pengertian estetik dalam bidang filsafat ,istilah nilai seringkali di pakai sebagai suatu kata benda abstrak yang berrti keberhargaan atau kebaikan .dalam dictionary of sociology and related sciences di erikan perumusan tentang value yang lebih terinci lagi sebagai berikut :
“kemampuan yang di percaya ada pada sesuatu benda untuk memuaskan suatu keinginan manusia .sifat dari sesuatu benda yang menyebabkan menarik seseorang atau golongan
Tentang nilai  itu ada yang membedakan antara nilai subyektif dan nilai objektif ,atau ada yang dibedakan nilaiperseorangan dan nilai kemasyarakatan .tetapi penggolongan yang penting adalah nilai ekstrinsik adalah sifat baik dari suatu benda sebagai alat atau sarana untuk sesuatu hal lainnya .nilai intrinsic adaalh sifat baik dari benda yang bersangkutan ,atau sebagai suatu tujuan,ataupun demi kepentingan benda itu sendiri
3)    kontemplasi dan ekstansi
keindaahn yang didasarkan pada selera seni didukung oleh factor kontemplasi dan ekstansi .kontemplasi adaalh dasar dalam diri manusia yang menciptakan sesuatu yang indah .ekstansi ialah dasar dalam diri manusia untuk menyatakan ,merasakan dan menikmati sesuatu yang indah .

4)    apa sebab manusia menciptakan keindahan ?
keindahan pada dasarnya adlah ilmiah.pengungkapan keindahan dalam karya seni didasari oleh motivasi tertentu dan dengan tujuan tertentu pula .tujuannya tentu saja dilihat dari segi nilai kehidupan manusia ,martabat manusia ,kegunaan bagi manusia secara kodrati .berikut ini ialah alas an dan tujuan seniman menciptakan keindahan .

§  tata nilai yang telah usang
tata nilai semacam ini di pandang sebagai mengurangi nilai moral kehidupan masyarakat ,sehingga tidak di katakana indah .yang indah ialah tata nilai yang menghargai dan mengangkat martabat manusia ,misalnya wanita .




§  kemerosotan zaman
keadaan yang merendahkan derajad dan nilai kemanusiaan di tandai dengan merosotnya nilai moral .kemerosotan moral dapat diketahui dari tingkah laku dan perbuatan manusia yang bejad terutama dari segi kebutuhan seksual .
§  penderitaan manusia
manusialah yang membuat orang menderita sebagai akibat nafsu ingin berkuasa ,serakah ,tidak berhati-hati dan sebagainya


§  keagungan tuhan
keagungan tuhan dapat di buktikan melalui keindahan alam dan keteraturan alam semesta serta kejadian-kejadian alam.keindahan alam merupakan keindahan muthlah dari tuhan .manusia hanya dapat meniru saja keindahan ciptaan tuhan itu


Ø keindahan menurut pandangan romantic

dalam buku an essay on man ,ems cassier mengatakan bahwa arti keindahan tidak bisa pernah selesai diperdebatkan .dalam endymion mengatakan bahwa sesuatu yang indah adalah keriangan selama-lamanya ,kemolekannya bertambah ,dan tidak pernah berlalu ke ketiadaan
mengenai keindahan ,Coleridge mengutip Shakespeare dalam karyanya midsummer night sesuatu yang rendah dan tidak mempunyai nilai ,dapat berubah dan menjadi berarti .



B.RENUNGAN
renung ialah hasil merenung .dalam merenung untuk menciptakan seni ada beberapa teori :

·        teori pengungkapan
seni adalah suatu pengungkapan dari perasaan manusia .teori yang paling terkenal adalah filsuf italia benedeto croce yang mengatakan bahwa seni adalah pengungkapan dari kesan-kesan ,expression adalah sama dengan intituition dan intuisi adalah pengetahuan intuitif yang di peroleh melalui penghayatan tentang hal-hal yang menghasilkan gambaran angan-angan individual
tokoh lain leo tolstoi dia mengatakan bahwa seni adalh memunculkan dalam diri sendiri suatu perasaan yang seseorang telah mengalaminya .



·        teori metafisik
teori ini merupakan teori tertua yakni yang berasal dari plato yang karyanya tulisannya untuk sebagian membahas estetik filsafati ,kosepsi keindahan dan teori seni .jadi karya seni adalah tiruan dari suatu tiruan lain sehingga bersifat jauh dari kebenaran atau dapat menyesatkan
dalam jaman modern teori seni lainnya juga bercorak metafisis dikemungkakan oleh filsuf athur Schopenhauer ,menurutnya seni adalah suatu bentuk dari paham terhadap realita  dan realita yang sejati adalah suatu keinginan yang sementara

·        teori psikologis
karya seni psikolog merupakan bentuk terselubung atau diperhalus yang di wujudkan keluar dari keinginan  – keinginan itu .
menurut schiller ,asal mula seni adalh dorogan batin untu bermain –main yang ada dalam diri seseorang . seni merupakan semacam permainan menyeimbangkan  segenap kemampuan mental manusia berubungan dengan adanya kelebihan energy yang harus dikeluarkan .


Ø  KESERASIAN
keserasian berasal dari kata sersi dan dari rasi ,artinya cocok ,kena benar ,sesuai benar .kata cocok ,kena dan sesuai itu mengandung unsure perpanduan ,pertentangan ,ukuran dan keseimbangan ,sebagian ahli piker menjelaskan ,bahwa keindahan pada dasarnya adalah sejumlah kualitas /pokok tertentu yang terdapat pada suatu hal .
filsufat ingris herbet read merumuskan defenisi ,bahwa keindahan adalah kesatuan dan hubungan –hubungan bentuk yang terdapat di antara pencerpan –pencerapan inderawi kita .


·        teori obyektif dan teori subyektif
pendukung teori obyektif adalh plato yaitu ,bahwa keindahan atau cirri-ciri yang menciptakan nilai estetik adalh sifat (kualita )yang memang telah melekat pada bentuk indah yang bersangkutan ,terlepas dari orang yang mengamati
teori sbyektif ialah yang memandang keindahan dalam suatu hubungan di antara suatu benda dengan alam pikiran seseorang yamg mengamati seperti yag beruap menyukai atai menikmati benda itu .

·        teori perimbangan
teori perimbangan tentang keindahan dari bangsa yunani kuno dulu di pahami pula dalm arti yang lebih terbatas ,yakni kualitatif yang di ungkapakan dengan angka-angka .jadi menurut teori proporsi ini keindahan terdapat dalam suatu benda  yang bagian-bagianya mempuyai hubungan satu sama lain sebagai bilangan –bilangan kecil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar